Tutorial HMI XP-Builder

XP BUILDER


XP-Builder Interface

Interface
Deskripsi
Toolbars
Gunakan tool dan menu untuk melakukan tugas dan tentukan pilihan.
Project Panel
Menunjukkan bagian-bagian yang terdapat di dalam project. Dapat membuka, memposisikan, dock atau windows yang lain seperti Graphic Library, Object Library, Device Map, Script Toolbox, dan Data Viewer windows.
Editing Area
Bagian tengah window, dimana dapat ditambahkan atau memanipulasikan objek, gambar (figure), dan grafik untuk membuat sebuah tampilan.
Toolbox
Gunakan objek atau gambar yang ada di dalam toolbox untuk membuat sebuah project.
Output and results tabs
Tab ini akan menunjukkan pesan antarmuka, pesan error, dan hasil pencarian.

Pengembangan Project
XP-Builder adalah software HMI (Human Machine Interface) yang memungkinkan untuk pengembangan yang kompleks, tetapi sederhana untuk menggunakan antarmukanya (interfaces) untuk mengontrol mesin. Untuk pengeditannya dapat menambah gambar, objek, dan grafik untuk mewakili fungsi-fungsi atau menggunakan skrip untuk mendefinisikan sebuah proses dari kerja mesin. XP-Builder juga dapat mensimulasikan project dan mengidentifikasinya sebelum di transfer ke XGT Panel.
Objects
Objek pada XP-Builder adalah alat yang berupa gambar seperti saklar, tombol, lampu, motor, nilai dan lain-lain yang diberi alamat sesuai dengan yang ada pada program PLC yang berfungsi sebagai input dan indikator output. Objek dapat merubah tampilan, berdasarkan nilai dan data monitoring. Sub bagian berikut ini menjelaskan apa fungsi dari masing-masing objek pada XP-Builder dan bagaimana cara merubah settingan.
Set conditional setting pada objek untuk mengganti properties seperti warna latar belakang (background), warna bingkai (frame), outline, text display dan lainnya seperti di bawah ini:
Object
Setting
Switch Object
Operation condition, Lamp condition
Word Lamp
Image danteks properties
Word Message
Warna Image, warna Image background, warnateks, teks
Numeric Input
Warna Image background, warnateks, flashing
Numeric Display
Word Window
Nomor window untuk berpindah
Word Part
Word yang berpindah
Bar Graph
Mengisi warna background, warna yang akan diisi
Pie Graph
Mengisi warna background, warna yang akan diisi
Meter Graph
Warna pointer
Close Graph
Mengisi warna background, warna yang akan diisi

Lamp Objects
Lamp objects adalah objek-objek yang memiliki fungsi untuk mengganti bentuk dasar ke bentuk yang lain pada device PLC yang terhubung. Lamp objects terbagi dalam 3 tipe yaitu bit lamps, word lamps dan N-state lamps. Bit lamps adalah objek lamps yang berubah berdasarkan pada keadaan on/off, word lamps berubah berdasarkan text value, dan N-state lamps berubah berdasarkan pada status mencakup sampai 5 status device.
Note:  Jika sebuah lamp object tidak terhubung ke device PLC, maka lampu tersebut tidak dapat ditampilkan di XGT Panel.

Bit Lamp
Bit lamp adalah salah satu objek yang paling banyak digunakan yang berfungsi sebagai output dari device PLC. Bentuk dari sebuah bit lamp dapat berubah berdasarkan pada keadaan on/off device yang terhubung dan menunjukkan status pada output tersebut. Berikut ini adalah penjelasan untuk pengaturan penggunaan objek bit lamp
  • Basic : Pengaturan dasar untuk objek bit lamp adalah sebagai berikut:


  •  Device : Kolom untuk memasukkan sebuah alamat device atau klik tombol keyboard disebelah kanan untuk menentukan alamat device. Pada saat klik tombol keyboard untuk membuka device window, dapat juga untuk menentukan pengaturan network.

-    Description : Masukkan sebuah deskripsi untuk objek.

   Display : Pengaturan display untuk objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.



Transparent BG Image : Centang Transparent BG Image untuk membuat background Image transparan. Pengaturan background transparan dan reverse image tidak dapat digunakan secara bersamaan.
On :  Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk objek pada status On.
Off :  Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk objek pada status Off.
Image Type : Untuk mengatur apakah akan mengubah warna dan pola saat beralih antara keadaan On dan Off. Jika memilih opsi change color/pattern, vector image juga harus dipilih untuk objek tersebut.

Not Change Color/Pattern
Menggunakan gambar original dapat menerapkan pola atau warna pada gambar tersebut. Pilih sebuah gambar untuk menampilkan status “On” atau “Off” dari raster, vector atau gambar-gambar yang sudah diregistrasi oleh user.
Same Image & Change Color/Pattern in On/Off
Pilih vector image karena raster image tidak dapat dipilih. Terapkan atau apply sebuah pola atau warna pada gambar tersebut.

Library  : Klik Library untuk memilih gambar dari image library
Open     : Klik Open untuk mencari gambar-gambar yang ada di dalam file komputer
Pattern : Klik sebuah pola untuk menerapkannya pada sebuah gambar. Opsi ini hanya tersedia pada change color atau pattern option pada Image Type. Pola akan diterapkan pada bagian objek tertentu, namun tidak pada frame.
Pattern FG Color : Set sebuah warna untuk bagian depan pola.
 Frame Color         : Set warna frame.
Blink                     : Set kecepatan berkedip pada sebuah objek.
                                 Not use    : Objek tidak berkedip
                                 Slow        : Objek akan berkedip setiap 3 detik
                                 Normal     : Objek akan berkedip setiap 2 detik
                                 Fast          : Objek akan berkedip setiap detik.

Text : Pengaturan text untuk objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.




-    Use Caption : Centang checkbox untuk menggunakan text caption pada object.
-    On : Klik untuk mengkonfigurasi opsi pada objek dalam keadaan “On”.
-    Off : Klik untuk mengkonfigurasi opsi pada objek dalam keadaan “Off”.
-    From Text Table : Centang checkbox untuk menambah sebuah text table. Opsi text table akan diaktifkan dan bagian text input akan close. Tambahkan kebutuhan text table pada text table sebelum mengedit objek.
-    On <-> Off Copy : Klik untuk mengcopy dan memformat teks dari status “on” ke status “off” atau sebaliknya.
-    Delete On/Off Caption : Klik untuk menghapus pengaturan teks yang sedang digunakan.
-    Font : Pilih sebuah jenis huruf dari daftar drop-down.
-    Size : Set sebuah ukuran teks dari daftar atau masukkan sebuah nilai ke dalam kolom.
-    Width Ratio : Memperluas atau memperkecil text dengan memilih rasio  dari daftar drop-down atau masukkan sebuah nilai ke dalam kolom. Nilai rasio dapat di set pada 1%-600%.
-    Change the Property of Text Table : Klik untuk menggunakan perbedaan warna dan properti jenis huruf untuk teks dari apa yang ditentukan dalam text table.
-    Color  : Set untuk warna huruf.
-    Font Style : Set sebuah font style (bold, italic, strikeout, atau underline) dan dapat diterapkan lebih dari satu pilihan pada satu waktu.
-    Horizontal Alignment : Set untuk kesejajaran horizontal (Left, Center, atau Riht).
-    Vertical Alignment  : Set kesejajaran vertical (Top, Middle, atau Bottom).

Switch Objects
            Switch objek adalah objek yang digunakan untuk menjalankan satu atau lebih fungsi. Berdasarkan dari tipe switch tersebut, tersedia 5 tipe switch yaitu: Bit, Word, Change screen, Special, dan Multi. Bit switch untuk mengontrol status On/Off, Word switch untuk menjalankan skrip atau mengganti nilai, Change screen switch untuk mengganti screen-screen yang ada di dalam interface XGT Panel. Spesial switch digunakan untuk menjalankan fungsi yang ada di storage atau penyimpanan. Multi switch digunakan untuk menjalankan beberapa fungsi.
Bit Switch
            Bit switch berfungsi sebagai input yang dapat digunakan untuk mengontrol status On/Off pada input bit device. Berikut ini penjelasan pengaturan untuk objek bit switch.
   Basic : Pengaturan standar untuk bit switch dijelaskan pada gambar dibawah ini.


  Device : Masukkan sebuah alamat device pada kolom input atau klik ikon keypad di sebelah               kanan untuk menentukan alamat device
Copy to Lamp : Klik untuk mengcopy alamat device dari bit switch ke alamat lamp condition
Action Type : Set sebuah action untuk menampilkan perubahan saat saklar diaktifkan.


On
   Menyalakan bit device yang relevan di PLC saat saklar diaktifkan. Status tersebut akan tetap dijaga sampai diubah oleh action yang lain.

Off 
   Mematikan bit device yang relevan di plc saat saklar diaktifkan. Status tersebut akan tetap di jaga sampai diubah oleh action yang lain.
Momentary
   Menyalakan bit device yang relevan di plc hanya pada saat saklar ditekan. Status kembali ke posisi “Off” ketika saklar dilepas.

Use Lamp Condition : Digunakan untuk mengontrol lampu dengan sebuah metode yang hanya                                    menyalakannya saat saklar diaktifkan.

   Bit Device
   Ketika status device On, maka lampu juga akan On.
   Copy to Main
  Alamat bit device Lamp condition dicopy ke basic device dari bit switch.
   Word Device
   Saat kondisi terpenuhi, lampu menyala.
   Size
   16 bit atau 32 bit.
   Type
   Signed decimal, unsigned decimal, BCD atau float.
   Exp. 
   Klik untuk  menunjuk ekspresi sebagai kodisional.

Use Lamp Offset : Klik untuk mengatur offset lampu.
Description          : Masukan sebuah deskripsi untuk objek.
 ·   Display : Pengaturan display untuk objek bit switch seperti berikut ini.


 Transparent BG Image : Centang Transparent BG Image untuk membuat background image transparan. Pengaturan background transparan dan reverse image tidak dapat digunakan secara bersamaan.
  On  :  Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk objek pada status On.
  Off  :  Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk objek pada status Off.
  Image Type : Untuk mengatur apakah akan mengubah warna dan pola saat beralih antara keadaan On dan Off. Jika memilih opsi change color/pattern, vector image juga harus dipilih untuk objek tersebut.

   Text : Pengaturan text untuk objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.


Numeric/Text Objects
            Objek numeric dan teks menunjukkan nilai dari device atau nilai input dari keypad ke device. Terdapat 4 tipe objek dari numerik/teks, seperti dijelaskan berikut ini.

Type
Description
   Numeric Input
  Memasukkan dan menampilkan nilai pada word device yang terhubung ke PLC di XGT Panel.
   Numeric Display
  Menampilkan word device atau nilai data yang terhubung ke PLC.
   Text Input
  Menulis dan memasukkan teks word device dalam bentuk kode ASCII.
   Text Display
  Menampilkan teks yang mengenali data yang tersimpan di dalam word device sebagai nilai kode ASCII.

Numeric Input
Numeric input digunakan untuk memasukkan nilai dalam bentuk word device. Bagian ini menjelaskan pengaturan yang tersdedia untuk objek numeric input.
·   Basic : Pengaturan standar untuk objek numeric input adalah seperti berikut ini:


    Device : Masukkan sebuah alamat device pada kolom input atau klik ikon keypad di sebelah kanan untuk menentukan alamat device.
    Size : Set ukuran data (16 bit atzu 32 bit). Mengganti ukuran data yang ada pada objek akan menghapus input dan display condition.
    Display Format : Mengatur format tampilan.

   Numeric Format 
  Mengatur format number ( Signed decimal, Unsigned decimal, Octal, Hexadecimal, Binary, BCD, atau float).
  No. of Display Digits
  Mengatur berapa banyak digit yang ditampilkan. Jika jumlah digit lebih kecil dari kapasitas device, ruang kosong akan diisi dengan placeholder (“*”). Jika nilai device tidak dapat ditampilkan ke dalam format BCD, itu akan ditampilkan dengan symbol ini“~”.
  No. of Decimal Digits
  Mengatur berapa banyak tempat untuk diletakkan di sebelah kanan titik deimal saat memilih format bilangan selain bilangan biner, octal dan decimal.

  Use Scaling : Ketika user menghitung dan memasukkan nilai acak ke alamat device PLC, fungsi ini dapat diaplikasikan. Nilai aktual pada PLC dan nilai yang dapat ditampilkan berbeda dengan ukuran data dan jenis tampilan. Jika nilai input yang dimasukkan oleh user melebihi nilai maksimum, maka nilai maksimum tersebut akan dimasukkan ke device. Jika nilai input yang dimasukkan oleh user lebih rendah daripada nilai minimum, maka nilai minimum tersebut akan dimasukkan ke device.
Numeric Display
Berikut ini pengaturan yang tersedia untuk objek numeric display.
·   Basic : Pengaturan standar untuk objek numeric display adalah seperti berikut ini:


    Device : Masukkan sebuah alamat device pada kolom input atau klik ikon keypad di sebelah kanan untuk menentukan alamat device.
   Size : Set ukuran data (16 bit atau 32 bit). Mengganti ukuran data yang ada pada objek akan menghapus input dan display condition.
·   Numeric Format : Mengatur format number (Signed decimal, Unsigned decimal, Octal, Hexadecimal, Binary, BCD, atau float).
·   No. of Display Digits : Mengatur berapa banyak digit yang ditampilkan. Jika jumlah digit lebih kecil dari kapasitas device, ruang kosong akan diisi dengan placeholder (“*”). Jika nilai device tidak dapat ditampilkan ke dalam format BCD, itu akan ditampilkan dengan symbol ini “~”.
·   No. of Decimal Digits : Mengatur berapa banyak tempat untuk diletakkan di sebelah kanan titik deimal saat memilih format bilangan selain bilangan biner, octal dan decimal.
·   Format : Set the formats for both the numeric and text displays. If you want to input text, enter it directly. Numbers, however, appears as asterisks (*).
Change Screen Switch
            Change screen switch memungkinkan user untuk beralih screen di antarmuka HMI. Jenis screen yang akan berubah dapat ditentukan saat saklar diaktifkan. Berikut ini pengaturan yang tersedia untuk objek change screen switch.
·   Basic : Pengaturan standar untuk objek change screen switch adalah seperti berikut ini:
-height:150%'>No. of Decimal Digits

Mengatur berapa banyak tempat untuk diletakkan di sebelah kanan titik deimal saat memilih format bilangan selain bilangan biner, octal dan decimal.
-    Use Scaling : Ketika user menghitung dan memasukkan nilai acak ke alamat device PLC, fungsi ini dapat diaplikasikan. Nilai aktual pada PLC dan nilai yang dapat ditampilkan berbeda dengan ukuran data dan jenis tampilan. Jika nilai input yang dimasukkan oleh user melebihi nilai maksimum, maka nilai maksimum tersebut akan dimasukkan ke device. Jika nilai input yang dimasukkan oleh user lebih rendah daripada nilai minimum, maka nilai minimum tersebut akan dimasukkan ke device.
Numeric Display
Berikut ini pengaturan yang tersedia untuk objek numeric display.
·   Basic : Pengaturan standar untuk objek numeric display adalah seperti berikut ini:


    Screen type : Pilih tipe window untuk digantikan.
    Static : Atur bagaimana perubahan pada window.


   
    Device
  Window akan beralih ke nomor window sesuai dengan nilai device. Jika tidak ada window yang sesuai dengan nilai device, maka window tidak akan berganti.
    Const
  Window akan beralih ke window tertentu, terlepas dari nilai perangkat.
    Screen No.
 Atur nomor jendela atau klik [Browse] untuk mencari window.

   Screen Changed Type : Pilih metode untuk mengganti window.

   Fixed
  Window beralih ke window yang sudah ditentukan.
   Previous
  Window beralih ke window yang sebelumnya.

...............................

http://www.lsis.com/support/download/?t=1


Komentar

  1. Lucky Club Casino Site » Review & Login (2021)
    Lucky Club Casino is a legit online casino in India with luckyclub 5 reels, 4 rows and 3 rows. You have the option to make withdrawals with a single

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial XG5000