Tutorial HMI XP-Builder
XP BUILDER
XP-Builder
Interface
Interface
|
Deskripsi
|
Toolbars
|
Gunakan tool dan menu untuk melakukan
tugas dan tentukan pilihan.
|
Project
Panel
|
Menunjukkan bagian-bagian yang terdapat di dalam project.
Dapat membuka, memposisikan, dock atau windows yang lain seperti Graphic
Library, Object Library, Device Map, Script Toolbox, dan Data Viewer windows.
|
Editing
Area
|
Bagian tengah window, dimana dapat ditambahkan
atau memanipulasikan objek, gambar (figure), dan grafik untuk membuat sebuah tampilan.
|
Toolbox
|
Gunakan objek atau gambar yang ada di dalam toolbox untuk
membuat sebuah project.
|
Output and
results tabs
|
Tab ini akan menunjukkan pesan antarmuka,
pesan error, dan hasil pencarian.
|
Pengembangan Project
XP-Builder adalah software HMI
(Human Machine Interface) yang memungkinkan untuk pengembangan yang kompleks,
tetapi sederhana untuk menggunakan antarmukanya (interfaces) untuk mengontrol mesin.
Untuk pengeditannya dapat menambah gambar, objek, dan grafik untuk mewakili fungsi-fungsi
atau menggunakan skrip untuk mendefinisikan sebuah proses dari kerja mesin.
XP-Builder juga dapat mensimulasikan project dan mengidentifikasinya sebelum di
transfer ke XGT Panel.
Objects
Objek pada
XP-Builder adalah alat yang berupa gambar seperti saklar, tombol, lampu, motor,
nilai dan lain-lain yang diberi alamat sesuai dengan yang ada pada program PLC
yang berfungsi sebagai input dan indikator output. Objek dapat merubah tampilan,
berdasarkan nilai dan data monitoring. Sub bagian berikut ini menjelaskan apa fungsi
dari masing-masing objek pada XP-Builder dan bagaimana cara merubah settingan.
Set
conditional setting pada objek untuk mengganti properties seperti warna latar belakang
(background), warna bingkai (frame), outline, text display dan lainnya seperti
di bawah ini:
Object
|
Setting
|
Switch Object
|
Operation condition, Lamp condition
|
Word Lamp
|
Image danteks properties
|
Word Message
|
Warna Image, warna Image background,
warnateks, teks
|
Numeric Input
|
Warna Image background, warnateks,
flashing
|
Numeric Display
|
|
Word Window
|
Nomor window untuk berpindah
|
Word Part
|
Word yang berpindah
|
Bar Graph
|
Mengisi warna background, warna yang
akan diisi
|
Pie Graph
|
Mengisi warna background, warna yang
akan diisi
|
Meter Graph
|
Warna pointer
|
Close Graph
|
Mengisi warna background, warna yang
akan diisi
|
Lamp Objects
Lamp objects adalah objek-objek yang memiliki fungsi untuk mengganti bentuk dasar ke bentuk yang lain pada device PLC yang terhubung. Lamp objects terbagi dalam 3 tipe yaitu bit lamps, word lamps dan N-state lamps. Bit lamps adalah objek lamps yang berubah berdasarkan pada keadaan on/off, word lamps berubah berdasarkan text value, dan N-state lamps berubah berdasarkan pada status mencakup sampai 5 status device.
Note: Jika sebuah lamp object tidak terhubung ke device PLC, maka lampu tersebut tidak dapat ditampilkan di XGT Panel.
Bit lamp adalah salah satu objek yang paling banyak digunakan yang berfungsi sebagai output dari device PLC. Bentuk dari sebuah bit lamp dapat berubah berdasarkan pada keadaan on/off device yang terhubung dan menunjukkan status pada output tersebut. Berikut ini adalah penjelasan untuk pengaturan penggunaan objek bit lamp
- Basic : Pengaturan dasar untuk objek bit lamp adalah sebagai berikut:
- Device : Kolom untuk memasukkan sebuah alamat device atau klik tombol keyboard disebelah kanan untuk menentukan alamat device. Pada saat klik tombol keyboard untuk membuka device window, dapat juga untuk menentukan pengaturan network.
- Description : Masukkan
sebuah deskripsi untuk objek.
• Display : Pengaturan display
untuk objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.
Transparent BG Image : Centang Transparent BG Image untuk membuat background Image transparan.
Pengaturan background transparan dan reverse image tidak dapat digunakan secara
bersamaan.
On : Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk
objek pada status On.
Off : Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk
objek pada status Off.
Image Type : Untuk mengatur apakah
akan mengubah warna dan pola saat beralih antara keadaan On dan Off. Jika
memilih opsi change color/pattern, vector image juga harus dipilih untuk objek
tersebut.
Not Change Color/Pattern
|
Menggunakan gambar original dapat
menerapkan pola atau warna pada gambar tersebut. Pilih sebuah gambar untuk
menampilkan status “On” atau “Off” dari raster, vector atau gambar-gambar
yang sudah diregistrasi oleh user.
|
Same Image & Change Color/Pattern in On/Off
|
Pilih vector image karena raster image tidak dapat dipilih.
Terapkan atau apply sebuah pola atau warna pada gambar tersebut.
|
Library : Klik Library untuk memilih
gambar dari image library
Open : Klik Open untuk
mencari gambar-gambar yang ada di dalam file komputer
Pattern
:
Klik sebuah pola untuk menerapkannya pada sebuah gambar. Opsi ini hanya
tersedia pada change color atau pattern option pada Image Type. Pola akan
diterapkan pada bagian objek tertentu, namun tidak pada frame.
Pattern FG Color : Set sebuah warna untuk bagian depan
pola.
Frame Color : Set warna frame.
Blink : Set kecepatan berkedip pada sebuah objek.
Not use : Objek tidak berkedip
Slow : Objek akan berkedip setiap 3 detik
Normal : Objek akan berkedip setiap 2 detik
Fast : Objek akan berkedip setiap detik.
Text : Pengaturan text untuk objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.
Not use : Objek tidak berkedip
Slow : Objek akan berkedip setiap 3 detik
Normal : Objek akan berkedip setiap 2 detik
Fast : Objek akan berkedip setiap detik.
Text : Pengaturan text untuk objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.
- Use Caption : Centang checkbox untuk
menggunakan text caption pada object.
- On : Klik untuk mengkonfigurasi opsi pada
objek dalam keadaan “On”.
- Off : Klik untuk mengkonfigurasi opsi pada
objek dalam keadaan “Off”.
- From Text Table : Centang checkbox
untuk menambah sebuah text table. Opsi text table akan diaktifkan dan bagian
text input akan close. Tambahkan kebutuhan text table pada text table sebelum
mengedit objek.
- On <-> Off Copy : Klik untuk mengcopy dan memformat teks
dari status “on” ke status “off” atau sebaliknya.
- Delete On/Off Caption : Klik
untuk menghapus pengaturan teks yang sedang digunakan.
- Font : Pilih sebuah jenis huruf dari daftar drop-down.
- Size : Set sebuah ukuran teks dari daftar atau masukkan sebuah nilai ke
dalam kolom.
- Width Ratio : Memperluas atau memperkecil text dengan memilih rasio dari daftar drop-down atau masukkan sebuah
nilai ke dalam kolom. Nilai rasio dapat di set pada 1%-600%.
- Change the Property of Text Table : Klik untuk menggunakan
perbedaan warna dan properti jenis huruf untuk teks dari apa yang ditentukan
dalam text table.
- Color : Set untuk warna huruf.
- Font Style : Set sebuah font style (bold,
italic, strikeout, atau underline) dan dapat diterapkan lebih dari satu pilihan
pada satu waktu.
- Horizontal Alignment : Set untuk kesejajaran horizontal (Left, Center, atau Riht).
- Vertical Alignment : Set kesejajaran
vertical (Top, Middle, atau Bottom).
Switch Objects
Switch objek adalah objek yang
digunakan untuk menjalankan satu atau lebih fungsi. Berdasarkan dari tipe
switch tersebut, tersedia 5 tipe switch yaitu: Bit, Word, Change screen,
Special, dan Multi. Bit switch untuk mengontrol status On/Off, Word switch
untuk menjalankan skrip atau mengganti nilai, Change screen switch untuk mengganti
screen-screen yang ada di dalam interface XGT Panel. Spesial switch digunakan
untuk menjalankan fungsi yang ada di storage atau penyimpanan. Multi switch
digunakan untuk menjalankan beberapa fungsi.
Bit Switch
Bit switch
berfungsi sebagai input yang dapat digunakan untuk mengontrol status On/Off
pada input bit device. Berikut ini penjelasan pengaturan untuk objek bit
switch.
• Basic : Pengaturan standar
untuk bit switch dijelaskan pada gambar dibawah ini.
Device
: Masukkan sebuah alamat device pada
kolom input atau klik ikon keypad di sebelah kanan untuk menentukan alamat
device
Copy
to Lamp : Klik
untuk mengcopy alamat device dari bit switch ke alamat lamp condition
Action Type : Set sebuah action untuk menampilkan
perubahan saat saklar diaktifkan.
On
|
Menyalakan bit device yang
relevan di PLC saat saklar diaktifkan. Status tersebut akan tetap dijaga sampai
diubah oleh action yang lain.
|
Off
|
Mematikan bit device yang
relevan di plc saat saklar diaktifkan. Status tersebut akan tetap di jaga
sampai diubah oleh action yang lain.
|
Momentary
|
Menyalakan bit device yang
relevan di plc hanya pada saat saklar ditekan. Status kembali ke posisi “Off”
ketika saklar dilepas.
|
Use
Lamp Condition : Digunakan untuk
mengontrol lampu dengan sebuah metode yang hanya menyalakannya saat saklar
diaktifkan.
Bit
Device
|
Ketika status
device On, maka lampu juga akan On.
|
Copy
to Main
|
Alamat
bit device Lamp condition dicopy ke basic device dari bit switch.
|
Word
Device
|
Saat
kondisi terpenuhi, lampu menyala.
|
Size
|
16
bit atau 32 bit.
|
Type
|
Signed
decimal, unsigned decimal, BCD atau float.
|
Exp.
|
Klik
untuk menunjuk ekspresi sebagai
kodisional.
|
Use
Lamp Offset : Klik
untuk mengatur offset lampu.
Description : Masukan
sebuah deskripsi untuk objek.
·
Display : Pengaturan display untuk objek bit
switch seperti berikut ini.
Transparent BG Image : Centang Transparent BG Image untuk membuat background image transparan.
Pengaturan background transparan dan reverse image tidak dapat digunakan secara
bersamaan.
On : Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk objek
pada status On.
Off : Klik untuk mengkonfigurasi pilihan untuk
objek pada status Off.
Image Type :
Untuk mengatur apakah akan mengubah warna dan pola saat beralih antara keadaan
On dan Off. Jika memilih opsi change color/pattern, vector image juga harus
dipilih untuk objek tersebut.
• Text : Pengaturan text untuk
objek bit lamp ditunjukkan pada gambar berikut ini.
Numeric/Text
Objects
Objek numeric dan teks menunjukkan nilai dari device atau
nilai input dari keypad ke device. Terdapat 4 tipe objek dari numerik/teks,
seperti dijelaskan berikut ini.
Type
|
Description
|
Numeric Input
|
Memasukkan dan menampilkan
nilai pada word device yang terhubung ke PLC di XGT Panel.
|
Numeric Display
|
Menampilkan word device
atau nilai data yang terhubung ke PLC.
|
Text Input
|
Menulis dan memasukkan teks
word device dalam bentuk kode ASCII.
|
Text Display
|
Menampilkan teks yang mengenali
data yang tersimpan di dalam word device sebagai nilai kode ASCII.
|
Numeric Input
Numeric input digunakan untuk
memasukkan nilai dalam bentuk word device. Bagian ini menjelaskan pengaturan
yang tersdedia untuk objek numeric input.
·
Basic : Pengaturan standar untuk objek
numeric input adalah seperti berikut ini:
Device : Masukkan sebuah alamat device pada kolom
input atau klik ikon keypad di sebelah kanan untuk menentukan alamat device.
Size : Set ukuran data (16
bit atzu 32 bit). Mengganti ukuran data yang ada pada objek akan menghapus
input dan display condition.
Display Format : Mengatur
format tampilan.
Numeric Format
|
Mengatur format number ( Signed
decimal, Unsigned decimal, Octal, Hexadecimal, Binary, BCD, atau float).
|
No. of Display Digits
|
Mengatur berapa banyak digit
yang ditampilkan. Jika jumlah digit lebih kecil dari kapasitas device, ruang
kosong akan diisi dengan placeholder (“*”). Jika nilai device tidak dapat
ditampilkan ke dalam format BCD, itu akan ditampilkan dengan symbol ini“~”.
|
No. of Decimal Digits
|
Mengatur berapa banyak tempat
untuk diletakkan di sebelah kanan titik deimal saat memilih format bilangan
selain bilangan biner, octal dan decimal.
|
Use Scaling : Ketika
user menghitung dan memasukkan nilai acak ke alamat device PLC, fungsi ini
dapat diaplikasikan. Nilai aktual pada PLC dan nilai yang dapat ditampilkan
berbeda dengan ukuran data dan jenis tampilan. Jika nilai input yang dimasukkan
oleh user melebihi nilai maksimum, maka nilai maksimum tersebut akan dimasukkan
ke device. Jika nilai input yang dimasukkan oleh user lebih rendah daripada
nilai minimum, maka nilai minimum tersebut akan dimasukkan ke device.
Numeric Display
Berikut ini pengaturan yang
tersedia untuk objek numeric display.
·
Basic : Pengaturan standar untuk objek numeric display adalah seperti
berikut ini:
Device : Masukkan sebuah alamat device pada kolom input atau klik ikon
keypad di sebelah kanan untuk menentukan alamat device.
Size : Set
ukuran data (16 bit atau 32 bit). Mengganti ukuran data yang ada pada objek
akan menghapus input dan display condition.
·
Numeric
Format : Mengatur format number (Signed decimal,
Unsigned decimal, Octal, Hexadecimal, Binary, BCD, atau float).
·
No. of
Display Digits : Mengatur berapa banyak digit yang
ditampilkan. Jika jumlah digit lebih kecil dari kapasitas device, ruang kosong
akan diisi dengan placeholder (“*”). Jika nilai device tidak dapat ditampilkan
ke dalam format BCD, itu akan ditampilkan dengan symbol ini “~”.
·
No. of
Decimal Digits : Mengatur berapa banyak tempat untuk
diletakkan di sebelah kanan titik deimal saat memilih format bilangan selain
bilangan biner, octal dan decimal.
·
Format : Set the formats for both the
numeric and text displays. If you want to input text, enter it directly.
Numbers, however, appears as asterisks (*).
Change Screen Switch
Change
screen switch memungkinkan user untuk beralih screen di antarmuka HMI. Jenis
screen yang akan berubah dapat ditentukan saat saklar diaktifkan. Berikut ini
pengaturan yang tersedia untuk objek change screen switch.
·
Basic : Pengaturan standar untuk objek change screen switch adalah seperti
berikut ini:
-height:150%'>No. of Decimal Digits
Mengatur berapa banyak tempat
untuk diletakkan di sebelah kanan titik deimal saat memilih format bilangan
selain bilangan biner, octal dan decimal.
- Use Scaling : Ketika
user menghitung dan memasukkan nilai acak ke alamat device PLC, fungsi ini
dapat diaplikasikan. Nilai aktual pada PLC dan nilai yang dapat ditampilkan
berbeda dengan ukuran data dan jenis tampilan. Jika nilai input yang dimasukkan
oleh user melebihi nilai maksimum, maka nilai maksimum tersebut akan dimasukkan
ke device. Jika nilai input yang dimasukkan oleh user lebih rendah daripada
nilai minimum, maka nilai minimum tersebut akan dimasukkan ke device.
Numeric Display
Berikut ini pengaturan yang
tersedia untuk objek numeric display.
·
Basic : Pengaturan standar untuk objek numeric display adalah seperti
berikut ini:
Screen type : Pilih tipe window
untuk digantikan.
Static : Atur bagaimana
perubahan pada window.
Device
|
Window akan beralih ke nomor
window sesuai dengan nilai device. Jika tidak ada window yang sesuai dengan
nilai device, maka window tidak akan berganti.
|
Const
|
Window akan beralih ke window
tertentu, terlepas dari nilai perangkat.
|
Screen No.
|
Atur nomor jendela atau klik
[Browse] untuk mencari window.
|
Screen Changed Type : Pilih metode untuk mengganti window.
Fixed
|
Window beralih ke window yang sudah ditentukan.
|
Previous
|
Window beralih ke window yang sebelumnya.
|
...............................
Lucky Club Casino Site » Review & Login (2021)
BalasHapusLucky Club Casino is a legit online casino in India with luckyclub 5 reels, 4 rows and 3 rows. You have the option to make withdrawals with a single